Jumat, 27 Juli 2012

Selama Ramadhan dan Idul Fitri Pemkab Gelar Pasar Murah


Untuk meringankan beban masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu dalam membeli kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, Pemkab Purworejo menggelar pasar murah. Pasar murah dibuka Plt Assisten Sekda bidang Perekonomian, Pembangunan dan LH Ir Jumali di Kecamatan Gebang, Kamis (26/7).

Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Purworejo, Dra Suhartini MM, menginformasikan bahwa pasar murah rencananya akan dilaksanakan sebanyak 22 kali. Dari jumlah tersebut, 17 kegiatan dilaksanaan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri di 16 kecamatan. Waktu penyelenggaraan mulai tanggal 26 Juli hingga Agustus mendatang.

Pihaknya menggandeng UKM dan IKM hasil binaan, seperti UKM Karya Abadi, KUB Karya Tani, Mitra Sejahtera, Rahayu, Jakati, UD Sridadi, dan sebagainya. “Kami berharap subsidi sembako ini bisa dirasakan masyarakat yang membutuhkan, kendati belum dapat memenuhi kebutuhan secara merata dan belum sesuai yang diinginkan”katanya.

Berbagai kebutuhan masyarakat disediakan dalam penyelenggaran tersebut, mulai sembako hingga kue dan pakaian. Barang dijual lebih murah dibanding harga di pasaran, karena mendapat subsidi dari pemerintah. Satu pak garam dapur dijual seharga Rp 1.500, cabe rawit/kriting Rp 2.000 per ons, bawang merah Rp 6.000 per kg, bawang putih Rp 12.000 per kg, gula pasir Rp Rp 10.500 per kg, minyak goreng Rp 9.500 per liter, beras jenis IR 64 tiap kemasan isi 2,5 kg seharga Rp 16.000, telor ayam Rp 14.500, gula kelapa Rp 11.500.

Sementara Mujiyati warga Rt/Rw 2/1 Desa Gebang, mengaku sangat terbantu dengan adanya pasar murah. Untuk memenuhi kebutuhan dapur ia bisa menghemat sekitar Rp 6-7 ribu, bila dibanding membeli di warung-warung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlanggan artikel Blogtegal via e-Mail