Selasa, 31 Juli 2012

Perajin Gula Kelapa Kunjungi Pembuatan Gula Semut


Sebanyak 25 perajin gula kelapa dari Desa Ketawangrejo ngangsu kawruh pembuatan gula semut di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, beberapa waktu yang lalu . Perajin di Desa Jatimulyo merupakan perajin yang sudah terampil dalam pembuatan gula semut, dan produknya telah merambah ke pasaran internasional.

Menurut Amnan Firdaus SE MM selaku Kasi IKAHH Dinas Perindagkop Purworejo, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan pelatihan sebelumnya. Dinas Perindagkop memprogramkan kunjungan lapangan ini guna memantapkan keyakinan dan pengetahuan dalam pembuatan gula semut para peserta pelatihan pembuatan gula semut.

Menurut Amnan, banyak hal yang diserap dalam kegiatan tersebut, baik tentang pembuatan gula semut maupun tentang pohon kelapa organik. Akan tetapi ada poin penting pada kunjungan tersebut, yaitu mengenai peluang untuk kerjasama. Karena saat ini ada pesanan gula semut untuk ekspor sebanyak 75 ton dan mereka belum sanggup memenuhinya. Mereka menawarkan kepada para perajin gula kelapa Ketawang untuk bisa memenuhi kekurangan tersebut.

"Ini yang diharapkan dari kunjungan lapangan ini, sekarang tinggal kembali ke kemauan para perajin Desa Ketawangrejo dalam mensikapinya bagaimana", katanya.
Ponco Disastro selaku ketua kelompok perajin gula Desa Ketawang mengungkapkan, pihaknya sudah membahas hal itu dan akan mencoba untuk memenuhi permintaan tersebut. “Semoga dapat berhasil dan terjalin kerjasama yang bagus,"harapnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlanggan artikel Blogtegal via e-Mail