Jumat, 20 Juli 2012

Purworejo Wakili Jateng Pada DSP


Kabupaten Purworejo semakin dikenal dengan seni budayanya. Ini terbukti dengan ditunjuknya  Purworejo mewakili Provinsi Jawa Tengah mengikuti kegiatan Duta Seni Pelajar se Jawa Bali dan Lampung, yang dilangsungkan di Yogyakarta belum lama ini. Sebelumnya pada tahun 2003, Purworejo juga pernah ditunjuk pada event yang sama. Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun dengan bergiliran di antara para peserta ini, mengambil tema “Duta Seni Pelajar Membangun Agen Budaya Berkarakter”.  Pembukaan kegiatan dilaksanakan di Hotel Royal Ambarrukmo oleh Sekretaris Daerah Provinsi DIY Drs Ichanuri. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo melalui Kasi Penyuluhan, Analisis, Sarpras dan Pemasaran Agung Pranoto Ssos mengungkapkan bahwa pembentukan dan pengelolaan tim merupakan kerja sama antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo.  Tim Duta Seni terdiri dari para siswa dari beberapa sekolah di Purworejo. Perinciannya, SMA N 1 sebanyak 5 siswa, 2 siswa SMA N 2, 4 siswa SMA N 3, 3 siswa SMA N 5, 2 siswa SMA N 6, 4 siswa SMA N 7, 2 siswa SMA N 8, 1 siswa MA N Purworejo, 2 siswa SMK YPP Purworejo.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 8 (delapan) provinsi tersebut, tim Provinsi Jateng mempersembahkan tari garapan “Lentera Jawa” yang mengambil sumber dari tarian khas Kabupaten Purworejo yaitu Dolalak. Sajian ini merupakan hasil penataan tari Melania SP SSn  dan musik ditata oleh Singgih Winarno, khusus tari diperkuat dengan materi tambahan oleh Agung dan Queen (penata tari Tingkat Provinsi).

Pementasan dilaksanakan di Pelataran Ramayana Candi Prambanan. Dentuman sepasang bedug diselingi suara kemprang dan tembang dari para penyanyi menjadikan Lentera Jawa sebuah sajian yang berbeda dari Tim provinsi lain. Apalagi ketika para penari Dolalak dengan pakaian merahnya mulai beraksi mempertunjukkan kebolehannya, para penonton semakin dibuat terpesona. Balutan gelapnya malam dengan tata lampu dan latar belakang megahnya Candi Prambanan menjadi pelengkap dari ekseotisnya pergelaran Dolalak “Lentera Jawa”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlanggan artikel Blogtegal via e-Mail