Jumat, 19 Oktober 2012

Dua Pelaku Perampokan Toko Emas Berhasil Ditangkap


Dua dari enam pelaku perampokan toko emas di Pasar Grabag beberapa waktu lalu berhasil ditangkap Satuan Reskrim Polres Purworejo. Kedua tersangka tersebut adalah Sutirto (32) warga Desa Kliwonan Kecamatan Banyuurip Purworejo dan Subeno (26) warga Desa Nambangan RT 05 RW 03 Kecamatan Grabag Purworejo.

Sutirto tertangkap di sebuah di depan kampus IPDN Jatinangor Sumedang Jawa Barat Sabtu malam (13/10. Sementara Subeno ditangkap di Desa Widoro RT 06 RW 01 Kecamatan Karangsambung Kebumen Selasa (15/10). Dihadapan penyidik dan sejumlah wartawan, keduanya mengakui sebagai pelaku perampokan toko emas pasar Tlogo, Kecamatan Mirit Kabuapten Kebumen beberapa waktu lalu.

Dikatakan, sebelum melakukan aksi perampokan di toko emas di pasar Grabag komplotan tersebut sudah merencanakan sebulan sebelumnya. Terkait dengan senjata api yang digunakan merampok, keduanya mengaku ada kawannya yang menyediakan. “ Kawan yang diluar Jawa sudah menyiapkan dan kami tinggal pakai saja, “ kata Subeno.

Diungkapkan, setelah perampokan tersebut Sutirto mengaku sudah mendapat bagianya. Sedang hingga saat ini Subeno mengku belum mendapat bagianya. Kapolres Purworejo AKBP Taslim Choerodin SH MIK menjelaskan, penangkapan terhadap pelaku perampokan tersebut berdasarkan pengembangan dari informasi Sutirto yang terlebih dulu berhasil diringkus.

Sehari sebelumnya, jelas Kapolres,  Subeno berada di Purworejo, namun saat akan ditangkap berhasil kabur ke Kebumen. “ Namun berkat kesigapan petugas akhirnya Subeno bisa ditangkap di daerah Karangsembung, Kebumen“ kata Kapolres.

Dikatakan, ada dugaan kuat kedua pelaku tersebut sebagai otak perampokan. Hal itu lantaran kedua pelaku tersebut adalah warga asli Purworejo yang lebih tahu seluk beluknya dibanding kawanan lainya yang berasal dari luar Jawa. “Paling tidak keduanya mempunyai peran penting dalam aksi perampokan itu,” jelas Kapolres.

Guna pengusutan lebih lanjut, kedua pelaku tersebut kini diamankan di tahanan Polda Jawa Tengah. Dari informasi dilapangan, baik Sutirto maupun Subeno selama ini dikenal sebagai preman kampung yang suka membuat keributan. Keduanya juga sering berkelahi jika ada tontonan di alaun-alun maupun orang punya hajad.

Seperti pernah diberitakan, tiga toko emas di pasar Grabag, Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo dirampok oleh enam orang bersenjata api. Dalam aksi siang bolong tersebut perampok berhasil membawa kabur emas sekitar 2 kg. Kawanan itu juga sempat merampas sebuah sepeda motor Suzuki Thunder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlanggan artikel Blogtegal via e-Mail