Selasa, 14 Agustus 2012

Siswa SMA Ikuti Kelas Pemilu


Sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo menyelenggarakan kelas pemilu. Kegiatan yang diikuti 56 siswa/siswi pengurus OSIS tingkat SLTA se Kabupaten Purworejo itu, dilaksanakan di aula KPU, beberapa waktu lalu.

 Menurut Ketua KPU H Muslikhin Madiani, melalui kelas pemilu ini pihaknya berkeinginan memberikan pengetahuan, pemahaman mengenai pemilu kepada pemilih pemula. Dengan harapan dalam event-event pemilu yang sebentar lagi dilaksanakan yakni Pilgub Jawa Tengah di Tahun 2013, Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Prsiden Tahun 2014, dapat berperan secara aktif menggunakan hak suaranya.

“Melalui kelas pemilu, para siswa/siswi diharapkan mempunyai wawasan terkait tentang bagaimana memilih seorang pemimpin, juga tentang proses pendaftaran pemilih,”ungkapnya. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo yang diwakili oleh Kepala Bidang Binmudora dan Seni Budaya Drs Basuki Budi Raharjo menuturkan tentang perlunya sosialisasi kepada pemilih pemula.

“Jadi setelah mendapat ilmu dari para narasumber, akan terbentuk ‘mindset’ atau pola pikir positif untuk membawa bangsa dan negara yang demokratis,” harapnya.
Narasumber dalam kegiatan tersebut yakni dari KPU Kabupaten Purworejo sendiri, diantaranya Ir Bambang Setyoko dengan materi Pentingnya Pemilu, Handoko AS SSos tentang Strategi Memilih Pemimpin, dan Abdul Ghofir Muslim tentang Pendaftaran Pemilih. Dalam kelas pemilu tersebut juga dilakukan praktek atau simulasi pemungutan suara, yang diharapkan dapat lebih mempermudah dalam memahami demokrasi dan pemilu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlanggan artikel Blogtegal via e-Mail