Minggu, 05 Agustus 2012

Purworejo Kembangkan Kedelai Di Sawah Bero


Dalam pencapaian swasembada kedelai, Kabupaten Purworejo telah mengembangkan kedelai dilahan-lahan sawah yang diberokan pada musin tanam III dan lahan-lahan yang berpotensi.
Hal itu diungkapkan Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg, menanggapi persoalan kedelai yang diungkapkan salah satu fraksi di DPRD Purworejo, dalam pemandangan umum terhadap Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2013, Kamis (2/8).

Dijelaskan Bupati bahwa pada tahun 2011 realisasi tanam kedelai di Kabupaten Purworejo seluas 3.190 hektar. Dari luasan itu sekitar 3.000 hektar mendapat bantuan benih dari pemerintah melalui program SL PTT kedelai dengan rata-rata produksi 1,5 ton per hektar.
Tahun 2012 rencana tanam kedelai seluas 4.346 hektar, seluas 4.000 hektar mendapat bantuan benih dari pemerintah. Upaya peningkatan produksi kedelai disamping melalui perluasan areal tanam, juga penerapan teknologi anjuran.

Dengan program SL-PTT, petani disamping mendapat bantuan benih, setiap kelompok dengan lahan seluas 10 hektar mendapat bantuan dana masing-masing sebesar Rp 3.930.000 untuk pembelian saprodi dalam rangka penerapan  teknologi anjuran seluas 1 hektar (untuk percontohan), biaya sekolah lapang, serta biaya pendampingan oleh PPL. “Dengan pendampingan secara intensif, diharapkan permasalahan hama bisa diatasi,”katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlanggan artikel Blogtegal via e-Mail