Jumat, 28 September 2012

Purworejo Segera Jadi Contoh PISP


Kabupaten Purworejo kembali mendapat tamu dari Asian Development Bank (ADB), Kamis (27/9). Berbeda dari kunjungan-kunjungan terdahulu, kali ini para pejabat ADB yang datang cukup banyak. Lebih dari 20 orang ikut dalam rombongan ADB yang didampingi beberapa orang dari Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan serta dari Kementerian Pekerjaan Umum.

 Rombongan ADB dipimpin oleh Mr Gaudencio Hernandez Jr dengan didampingi  oleh Mr Yeo Kwon Yoon, Mr Robert M Orr, Mr Mario A Sander, Mr Bounleua Sinxayvolavong, Mr Hideo Fukushima, Mr Guoqi Wu, serta Mr Maurin Sitorus. Beberapa pejabat ADB yang pernah ke Purworejo juga turut serta seperti Mr John Lindborg, Mr Thomas Panella serta Mr Edimon Ginting. Tentu saja mereka didampingi juga oleh Mr Willem J van Diest yang sudah sangat sering berkunjung ke Purworejo. Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak Yogyakarta Ir Adang SAF Ahmad juga turut serta bersama beberapa orang dari Kementerian Pekerjaan Umum.

Kunjungan Dewan Direksi ADB bertujuan untuk melihat langsung pelaksanaan Participatory Irrigation Sector Project (PISP) di kabupaten Purworejo yang didanai oleh ADB selama tahun 2006 – 2011. Menurut mereka, Kabupaten Purworejo termasuk yang paling serius dan sukses melaksanakan kegiatan PISP, sehingga akan dijadikan contoh serta perbandingan untuk penentuan kebijakan proyek-proyek sejenis dimasa datang. Hal itu sangat penting bagi mereka, dikarenakan mereka merupakan penentu kebijakan terhadap suatu usulan proyek, apakah disetujui atau tidak.

Dalam sambutannya Kepala Bappeda Drs Sutrisno Msi menyampaikan terima kasih karena pelaksanaan PISP di Kabupaten Purworejo mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari Dewan Direksi ADB. “Meskipun demikian, kami masih sangat membutuhkan kegiatan sejenis mengingat masih banyak lokasi-lokasi lain yang membutuhkan rehabilitasi/perbaikan,” lanjutnya.

Sebelum meninjau lokasi proyek PISP di daerah irigasi Kaliduren Desa Mudalrejo Kecamatan Loano, rombongan menyempatkan diri meninjau lokasi pemberdayaan hutan jati di Desa Sidoleren kecamatan Gebang. Di areal persawahan DI Kaliduren, selain melihat saluran hasil proyek PISP, para direksi ADB juga bertemu dan berkomunikasi langsung dengan para petani yang kebetulan sedang panen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlanggan artikel Blogtegal via e-Mail