Senin, 24 September 2012

Kabupaten Purworejo Rintisan KLA


Kabupaten/kota layak anak ibarat sebuah mimpi, yang harus dibuat menjadi kenyataan. Mengingat anak merupakan generasi penerus, maka kualitasnya harus dipersiapkan  sejak dini. Untuk mendapat anak yang berkualitas, maka anak harus mendapat hak-hak-haknya sejak masih dalam kandungan.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKB-PP) Drs Muh Wuryanto MM, ketika menjadi pembicara pada acara koordinasi/ sosialisasi pengembangan Kabupaten Purworejo sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), Sabtu (22/9), di ruang Arahiwang komplek Setda.

Sosialisasi diikuti 150 orang peserta, terdiri dari pimpinan SKPD yang memiliki kegiatan layanan anak, camat, perwakilan kepala desa, ketua TP PKK dan pokja Kabupaten/kecamatan/ perwakilan desa. Nara sumber lain adalah Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, KB, PP dan PA Kota Surakarta Drs Hasta Gunawan MM.

Dijelaskan Muh Wuryanto bahwa yang dimaksud KLA yaitu sistem pembangunan kabupaten/ kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat, keluarga dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk pemenuhan hak-hak anak. 

Kabupaten Purworejo sebagai rintisan menuju KLA, telah membentuk gugus tugas yang beranggotan dari berbagai komponen, serta membentuk forum komunikasi anak (Fokare/ forum komunikasi anak dan remaja). “Kedepan terus akan ditingkatkan dengan memanfaatkan organisasi siswa intra sekolah (OSIS),” katanya. 

Sementara Hasta Gunawan menyatakan bahwa Kota Surakarta lebih dulu mengembangkan model KLA, sehingga wajar bila dianggap lebih baik dari Purworejo. Pada  2006 Kota Surakarta ditunjuk sebagai pilot projek pengembangan model kota layak anak. 

Pada intinya, kegiatan KLA adalah pemenuhan hak-hak dasar anak. Ada empat hak dasar anak, yaitu hak untuk hidup, hak tumbuh dan berkembang, hak mendapat perlindungan, dan hak berpartisipasi. Bila pemerintah telah memenuhi ke empat hal itu, maka sudah dianggap cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlanggan artikel Blogtegal via e-Mail