Senin, 26 November 2012

Ribuan Guru Ikuti Upacara Hari Guru dan HUT PGRI


Upacara peringatan Hari Guru sekaligus HUT ke 67 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dilaksanakan di alun-alun Purworejo, Minggu (25/11). Meskipun hari libur, namun ribuan guru tampak bersemangat mengikuti upacara, dengan inspektur Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan penghargaan kepada SMP Negeri 19, yang berhasil menjadi juara I Lomba Sekolah Berkarakter Kebangsaan tingkat Provinsi Jawa Tengah.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Purworejo menandaskan bahwa pendidikan merupakan sistem rekayasa sosial terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatandan kemartabatan suatu bangsa. Kita pun menyadari dan meyakini, bahwa guru merupakan tonggak utama dalam dunia pendidikan,” katanya.

Meskipun demikian menurutnya, masih ada pertanyaan sangat mendasar yang harus dijawab. Yaitu apakah guru sebagai profesi dengan segala konsekuensinya terutama peningkatan kesejahteraan, sudah mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia?
Jawabanya, tentu iya, peningkatan kesejahteraan Guru mampu meningkatkan kualitas pendidikan, meskipun belum signifikan. Masih ada ruang yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dari aspek peran guru,” katanya.

Sementara itu, di sisi lain, yang perlu ditegakkan dan dijunjung tinggi oleh para guru adalah Kode Etik Guru dan prinsip-prinsip profesionalitas sesuai dengan amanat perundang-undangan. Karena itulah saya menyambut baik dengan telah disiapkannya Kode Etik Guru, “ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlanggan artikel Blogtegal via e-Mail