Kamis, 21 Februari 2013

USAID SMPN 8 Dikunjungi Kabupaten Batang


Sebanyak 24 orang yang berasal dari sekolah mitra, fasilitator dan stakeholder dunia pendidikan tingkat SMP di Kabupaten Batang mengunjungi SMPN 8 Purworejo, Rabu (20/2). Kunjungan tersebut untuk melihat dari dekat pelaksanaan USAID Prioritas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di Kabupaten Purworejo.

Sabar Mulyono, Kepala Bidang SMP dan SMA/SMK Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Batang menyatakan, Kabupaten Batang baru tahun ini mendapatkan pendampingan dari USAID untuk peningkatan mutu pendidikannya. Dalam pandangannya, Purworejo yang lebih dahulu mendapat pendampingan, bisa dijadikan tempat menimba pengalaman.

Menurut Sabar, hal positif yang bisa diperoleh dari visit study tersebut adalah pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) yang diterapkan di SMPN 8 Purworejo yang mampu memberikan keterbukaan sistem manajemen sekolah sehingga bisa diketahui publik secara luas.
"Dengan penerapan MBS, sekolah ini bisa menunjukkan kepada masyarakat, dana yang ada dan diperoleh itu jelas peruntukkannya tanpa ada yang ditutup-tutupi," ungkap Sabar.

Sementara itu, Kepala SMPN 8 Purworejo, Agus Wiwoho Suryo menyatakan metode pembelajaran yang dijalankan di sekolahnya adalah dengan menjadikan guru sebagai faslilitator pendidikan bagi siswanya. Dimana guru hanya sebagai media perantara yang menjembatani siswanya untuk mengasah otaknya, sehingga mampu mencari jawaban atas pertanyaan yang muncul.

"Ibaratnya kami tidak hanya sekedar mengisi gentong gelas yang kosong saja. Tapi siswa kita ajak untuk melihat dari jendela terhadap dunia luar yang ada. Sehingga daya pikir dan logika anak itu akan lebih berkembang," kata Agus Wiwoho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlanggan artikel Blogtegal via e-Mail