Senin, 04 Februari 2013

1197 Mahasiswa UMP Laksanakan KKN


Sebanyak 1197 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di berbagai wilayah di Kabupaten Purworejo. Para mahasiswa dengan didampingi Rektor UMP Drs Supriyono MPd beserta dosen pembimbing, mengikuti kegiatan pelepasan KKN di pendopo kabupaten, Kamis (31/1). 

Pelepasan dihadiri Plt Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum dan Kesra Drs Sigit Budi Mulyanto MM, Kepala Bapermasdes Drs Murwanto dan Ketua DWP Ny Sri Yuni Tri Handoyo. 

Menurut  Rektor UMP Drs Supriyono MPd, KKN merupakan program kurikuler mahasiswa program S1 tingkat akhir, sebagai salah satu bentuk pelaksanaan caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yaitu pengabdian kepada masayarakat yang bertujuan menghasilkan lulusan yang relatif siap pakai danterlatih dalam menaggulangi permasalahan pembangunan secara lebih pragmatis dan interdisipliner.

Kepala Bapermasdes Drs Murwanto menjelaskan, KKN diikuti 1197 mahasiswa terdiri 431 mahasiswa laki-laki dan 766 perempuan, mulai 31 Januari sampai 28 Februari 2013. Para mahasiswa akan diterjunkan ke desa-desa di empat kecamatan yakni Kemiri, Pituruh, Butuh, dan Kecamatan Gebang.

Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum dan Kesra Drs Sigit Budi Mulyanto MM mengatakan KKN merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program Catur Dharma Perguruan Tinggi, yaitu sebagai bentuk peran dan pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Oleh karenanya program Kuliah Kerja Nyata ini harus memiliki visi dan misi yang jelas di dalam pelaksanaanya.

“Artinya kegiatan KKN tidak hanya sebatas untuk memenuhi kegiatan unsur akademis semata. Kegiatan KKN harus benar-benar suatu kegiatan yang memberikan manfaat ganda, baik untuk kepentingan mahasiswa dan perguruan tinggi yang bersangkutan, juga memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah,” harapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa mahasiswa nantinya bisa mengecek hasil yang didapat pada KKN. Apakah ada perubahan di masyarakat setelah menjadi lokasi KKN. “Ini ukuran keberhasilan, sinkronkan dan sinergikan apa yang adik-adik terima di bangku kuliah, bisa atau tidak ketika dilaksanakan di masyarakat,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlanggan artikel Blogtegal via e-Mail