Senin, 27 Februari 2012

Siswa SMP N 2 Purworejo Raih Medali Perunggu Olimpiade Sains Tingkat Nasional



Awal tahun 2012, SMP N 2 Purworejo meraih prestasi di tingkat nasional. Wakil SMP N 2 Purworejo meraih perunggu pada lomba “The 3rd National Science Olympiad” yang merupakan lomba sains tingkat SMP RSBI se Indonesia. Lomba diikuti 328 SMP RSBI se Indonesia ini berlangsung tanggal 13-16 Februari 2012 di Surakarta. Tiap sekolah mengirimkan 4 siswa yang untuk mewakili setiap SMP RSBI. 

Upacara pembukaan berlangsung di Hotel Sunan, dipimpin oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Prof Suyanto.
Mata pelajaran yang diikutkan dalam lomba sains antara lain Matematika, Fisika, Biologi, dan Bahasa Inggris. 

Dalam lomba tersebut, lomba yang harus diikuti siswa terdiri dari 2 sesi. Sesi pertama setiap siswa mengikuti lomba menggunakan bahasa Indonesia, sedangkan sesi kedua menggunakan bahasa Inggris. Berbagai SMP RSBI bersaing mengikuti lomba sains dengan mengirimkan 4 siswa terbaik untuk mewakili sekolah masing-masing. Siswa asal SMPN 2 yang dikirim yaitu, Anton Rahmansyah Sumadi (matematika), Roihan Mohamad Iqbal (biologi), Dani Setiawan (fisika), dan Hajar Siti Azizah (bahasa Inggris).

 Dari empat wakil yang dikirim, dalam perolahan nilai akhir dua siswa asal SMPN 2 memperoleh  medali. Yaitu Anton Rahmansyah Sumadi dan Roihan Mohamad Iqbal sama-sama meraih medali perunggu. Sebelumnya, Anton yang sedang duduk di kelas 3 ini pernah meraih medali perak pada lomba sains tingkat Propinsi “Regional Science Camp” pada November 2011 lalu di Magelang. Lomba Sains tingkat Propinsi tersebut rupanya membuka kesempatan bagi Anton untuk maju tingkat Nasional, seperti yang diraih saat ini.

Sebagai bentuk penghargaan kepada siswa berprestasi, kedua siswa tersebut diberikan penghargaan beasiswa dalam bentuk tabungan, masing-masing Rp 1 juta. Penghargaan diserahkan Kepala Dinas Pedidikan dan Kebudayaan, Drs Bambang Ariyawan MM, Senin (20/2), di sela-sela apel pagi.

Kepala SMPN 2 Drs Tamsir Warsito Utomo MM, ketika di temui di ruang kerjanya Kamis (23/2) mengungkapkan bahwa saat pembukaan, SMPN 2 menampilkan tari dolalak, sebagai tari tradisional asli Purworejo. Saat itu mendapat sambutan luar biasa dari seluruh peserta dan undangan lainnya.

Ditambahkan bahwa pada ajang lomba mata pelajaran dan seni Islami (MAPSI), di gedung Islamic Centre Semarang, juga meraih juara. Lomba berlangsung tanggal 19-20 Februari 2012 di Semarang. Dalam lomba tersebut, duta Purworejo asal SMPN 2, Mohamad Azka Awlawy meraih juara 3 dari cabang Kaligrafi.

2 komentar:

Berlanggan artikel Blogtegal via e-Mail