Senin, 29 April 2013

Diklatpim Kabupaten Malang OL di Purworejo


Sebanyak 40 orang peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat III angkatan 223 Kabupaten Malang, melakukan observasi lapangan (OL) di Kabupaten Purworejo selama tiga hari. Peserta dimpimpin Kepala Badan Diklat Ir Endi Kusairi MSi, diterima Plt Asisten III Sekda Drs Sigit Budimulyanto MM, Senin (29/4), di ruang Arahiwang Setda. Hadir mendampingi antara lain Kepala BKD, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pengairan dan Inspektur.

Diinformasikan oleh pimpinan rombongan bahwa observasi lapangan merupakan penerapan dari materi pembelajaran Diklatpim III, melalui upaya mencocokkan antara teori, pengalaman ditempat tugas, dengan kenyataan yang diamati di tempat observasi. Sedangkan lokasi observasi di Dinas Kesehatan, Dinas Pengairan dan Kecamatan Purworejo.

“Melalui observasi lapangan ini, peserta diharapkan dapat melihat sejauhmana teori ilmu pengetahuan yang diperoleh di kelas, dapat dterapkan atau diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas. Dusamping itu, bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi serta mengidentifikasi permasalahan pelayanan publik, menganalisis dan mencari pemecahan masalah, serta menyusun dan mempresentasikan laporan hasil observasi,” paparnya.

Peserta, sebanyak 40 orang terdiri 23 laki-laki dan 7 perempuan. Mereka dari jajaran eselon III-A/B dari lingkup SKPD Pemkab Malang. Ditambahan bahwa jumlah aparatur yang dimiliki ada 17.202 pegawai negeri sipil (PNS), dan hampir mencapai 20.000 orang termasuk pegawai kontrak daerah/ PTT. Kabupaten Malang memiliki penduduk 3.043.613 jiwa, dan terbesar kedua setelah Kota Surabanya.

Assisten Sigit Budimulyanto pada kesempatan tersebut mengungkapkan rasa bangganya karena Kabupaten Purworejo menjadi obyek Observasi Lapangan Diklatpim Tingkat III Kabupaten Malang. Padahal biasanya justru Kabupaten Malang-lah yang sering menjadi obyek Observasi Lapangan. “Oleh karena itu, kami menyampaikan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada Pemerintah Kabupaten Malang atas kepercayaan ini,” ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlanggan artikel Blogtegal via e-Mail